Senin, 18 Februari 2013

10 Cara Mudah Merubah Rumah Menjadi Berkonsep Minimalis


Mungkin diantara pembaca & Rumah Minimalis Lover pernah bertanya-tanya..
...bagaimana sih merubah rumah menjadi rumah berkonsep minimalis ?
Tak sedikit dari pembaca yang melayangkan pertanyaan serupa melalui surel (email) kepada kami.

Baiklah.. singkat kata kami akan memberikan 10 cara mudah merubah rumah menjadi rumah berkonsep minimalis, berikut di bawah ini :
10 CARA MERUBAH RUMAH LEBIH MINIMALIS

1. MULAILAH DENGAN SATU RUANG

Mulailah dengan skala kecil terlebih dahulu. Misalnya anda dapat memilih untuk merubah ruang keluarga atau ruang tidur terlebih dahulu, sehingga anda bisa lebih fokus dalam perencanaanya. Setelah selesai anda dapat melanjutkannya ke ruang-ruang yang lain. Hasil desain ruang yang terdahulu dapat anda jadikan rujukan terhadap desain ruang lainnya.

2. MENGGANTI PERABOTAN

Gantilah furnitur lama dengan furniture desain minimalis dengan bentuk simpel, sederhana. Ukuran dan bentuk furnitur harus disesuaikan dengan ukuran luas ruang. Sebaiknya anda dapat memilih furnitur yang berbentuk langsing dan berukuran kecil untuk ruang yang sempit atau kecil. Tempatkanlah furniture yang benar-benar anda butuhkan.

3. ENYAHKAN PERNAK-PERNIK YANG TIDAK DIBUTUHKAN

Tanyalah pada diri anda sendiri -apakah anda benar-benar membutuhkan pernak pernik seperti : vas bunga, kendi, patung, atau pajangan lainnya ? Apakah mereka seperti kekasih anda -sehingga anda tak dapat hidup tanpanya..? hehe..
Sebaiknya enyahkan benda-benda yang tidak teralu penting tersebut. Anda tentunya dapat memajang beberapa pernak-pernik yang tertentu, yang mungkin penting karena bernilai historis. Misalnya foto-foto anda dan keluarga. Tapi pilihlah desain bingkai foto yang berkonsep minimalis.

4. MENYIMPAN BARANG YANG TIDAK TERPAKAI

Benda-benda yang telah anda singkirkan tadi dapat anda donasikan kepada kerabat atau tetangga yang membutuhkan. Tapi bila anda merasa masih memerlukannya -maka simpanlah secara rapih. Anda dapat memanfaatkan sudut-sudut ruang yang tersisa sebagai tempat penyimpanan. Misalnya ruang bawah tangga atau bagian atas lemari, tapi jangan lupa diberi penutup sehingga terlihat lebih rapih dan minimalis.

5. MEMBERSIHKAN ELEMEN LANTAI

Bukan menyapu atau mengepel lantai supaya bersih hehe.. Maksudnya adalah meminimaliskan lantai rumah -seperti tanpa menggunakan karpet atau lainnya. Bila anda menginginkan adanya karpet pilihlah yang memiliki desain polos tanpa banyak motif dengan warna yang ringan seperti krem atau kelabu. Saat ini dipasaran banyak dijual karpet dengan motif minimalis kontemporer.

6. MEMBERSIHKAN ELEMEN DINDING

Seperti lantai -demikian juga dengan dinding. Dinding yang luas dan polos mempermudah anda untuk mencapai desain yang berkesan minimalis. Tentunya anda masih dapat menggantungkan satu atau dua pajangan pada  dinding tersebut. Seperti jam atau foto yang telah diterangkan di atas.

7. MENYEDERHANAKAN ELEMEN JENDELA

Bila anda memiliki dana lebih, -anda dapat mengganti kusen serta daun jendela ataupun teralisnya yang bermotif dekoratif dengan motif polos geometris. Tapi bila dana anda terbatas -anda dapat hanya mengganti gorden atau vitrase dengan motif polos minimalis.
Alternatif lainnya adalah menggunakan horizontal blind sebagai penutup jendela, sehingga akan menambah kesan minimalis bagi interior.

8. MEMILIHAN WARNA YANG SESUAI

Warna memiliki peran yang penting dalam konsep minimalis. Pilihlah warna ringan terang untuk warna furnitur, atau dinding dan elemen lainnya. Jangan memilih warna keras mencolok.
Jangan menggunakan banyak warna, anda sebaiknya cuku mengkombinasi 2-3 warna saja yang bersifat monokrom misalnya warna putih klasik, kelabu, dan krem. Anda masih dapat memilih warna terang yang kuat hanya sebagai aksen untuk bagian terkecil dari keseluruhan elemen.

9. EVALUASI

Nikmati hasilnya sesaat setelah menyelesaikan semua pekerjaan ini. Duduk dan pandanglah sekitar ruangan, dan rasakan betapa damainya rumah anda.
Anda dapat menunggu beberapa hari kemudian untuk mengadakan evaluasi, ajaklah teman atau kerabat anda untuk berdiskusi. Siapa tahu mereka memiliki beberapa ide bagi anda untuk dapat menghilangkan beberapa elemen atau barang lagi.

10. GILIRAN ANDA

Anda memiliki cara lain...? Silahkan menambahkannya sehingga menjadi cara yang ke 10 -melalui kolom komentar di bawah artikel ini.
Pastinya akan bermanfaat bagi pembaca lainnya. Terimakasih...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.sebats.com